Present Perfect Tense

Present Perfect Tense  merupakan salah satu materi tenses yang akan dipelajari oleh siswa siswi semua. Seperti biasa sebelum memberikan sebuah artikel penulis bermaksud memberi tahu betapa pentingnya belajar grammar. Artikel kali ini akan mengupas tentang materi materi tenses. 


Present Perfect Tense  merupakan pelajaran wajib bagi siswa SMP dan SMA/SMK, sehingga sampai selesai Kuliah pun materi tersebut akan selalu mengiringi kehidupan kita. Pada kesempatan kali ini penulis bermaksud membuat tulisan tentang Present Perfect Tense, seperti apa tenses bentuk itu, mari kita simak penjabaran berikut ini.


Present Perfect Tense  artikel berikut ini dibuat oleh jagoenglish teruntuk siswa SMP, SMA, dan SMK di Indonesia. Meskipun begitu tidak menutup kemungkinan bisa digunakan sebagai acuan para guru dan mahasiswa FKIP Bahasa Inggris. 


Present Perfect Tense :: Seperti biasa sebelum memberikan sebuah artikel penulis bermaksud memberi tahu betapa pentingnya belajar grammar. Artikel kali ini akan mengupas tentang materi materi tenses. 

Present Perfect Tense merupakan pelajaran wajib bagi siswa SMP dan SMA/SMK, sehingga sampai selesai Kuliah pun materi tersebut akan selalu mengiringi kehidupan kita. Pada kesempatan kali ini penulis bermaksud membuat tulisan tentang Present Perfect tense, seperti apa tenses bentuk itu, mari kita simak penjabaran berikut ini.

Present Perfect Tense digunakan untuk menjelaskan kegiatan, pekerjaan, hal hal tertentu yang telah selesai namun masih terasa hasilnya/ akibatnya sampai sekarang, sehingga menghubungkan masa lampau dengan masa sekarang. Kegunaan utamanya adalah untuk menunjukkan relevansi tindakan atau situasi masa lampau dengan kondisi sekarang. 

Contoh:
  • Anita has cleaned this class (telah membersihkan kelas)
Anita telah membersihkan kelas dimasa lampau, tetapi yang diinginkan kalimat diatas adalah bagaimana hasil dari membersihkan kelasnya. Kalimat ini memberikan informasi masa lampau untuk menginformasikan situasi sekarang.
Bentuk Present Perfect Tense: Subject + has/have + v3 Present Perfect dibuat dengan have/has (kata kerja bantu “to have”) dan past participle (kata kerja bentuk ke-3). 
Contoh Present Perfect Tense:
  • I have worked in London.
  • She has worked in a bank.
Mari kita amati contoh diatas, setelah subject kalimat " I have worked in London", bagaimana bisa begitu? subject yang menggunakan " I/You/We/They/Mr Alan and Mrs Alan" pasti akan menggunakan HAVE, sedangkan jika subject " She/He/It/Mr Alan/Mrs Anita pasti akan menggunakan HAS 



Present Perfect Tense Pasti menggunakan participle (Verb 3) beraturan dibentuk dengan menambahkan -ed ke kata kerja, misalnya work – worked, play – played. Akan tetapi ada banyak Verb 3 tidak beraturan yang perlu anda ketahui.

Berikut adalah bentuk-bentuk Present Perfect dengan kata kerja to work.


TunggalJamak
AfirmatifI have worked
You have worked
He has worked
She has worked
It has worked
We have worked
You have worked
They have worked
NegatifI haven’t worked (haven’t = have not)
You haven’t worked
He hasn’t worked
She hasn’t worked
It hasn’t worked
We haven’t worked
You haven’t worked
They haven’t worked
InterogatifHave I worked?
Have you worked?
Has he worked?
Has she worked?
Has it worked?
Have I worked?
Have you worked?
Have they worked?

Kegunaan Present Perfect Tense

Berikut beberapa kegunaan Present Perfect. Perlu selalu diingat bahwa untuk semua poin berikut tujuan utama yakni menghubungkan masa lampau dan masa sekarang adalah sama.
Present Perfect Tense digunakan untuk memberikan informasi masa lampau yang relevan dengan keadaan sekarang. Contoh:
  • Have you been shopping? Yes, I went this morning.
Pertanyaan “Have you been shopping?” menanyakan tentang fakta masa lampau – apakah You pergi belanja atau tidak. Akan tetapi, pertanyaan ini ditanyakan karena kebutuhan masa sekarang – jika You sudah belanja, pembicara tidak perlu pergi sekarang – jika You belum belanja pembicara perlu pergi sekarang. Pertanyaan ini adalah pertanyaan tentang kebutuhan masa sekarang, bukan fakta masa lampau.

Present Perfect Tense digunakan untuk menghubungkan pengalaman masa lampau. Contoh:
  • Have you been to Italy?
  • No, I haven’t been there.
Lagi-lagi, pertanyaan “Have you been Italy?” menanyakan tentang fakta masa lampau, tetapi masa atau kondisi lampau tidak begitu penting. Justru penanya menginginkan informasi ini untuk kebutuhan sekarang – mungkin penanya sedang membicarakan tentang perjalanan keluar negeri, atau mungkin tertarik dengan Italia. Kita tidak bisa menjelaskan hanya dari satu kalimat, tetapi yang menjadi fokus disini adalah pada kebutuhan sekarang, bukan masa lampau.

Present Perfect Tense digunakan untuk pencapaian/prestasi. Contoh:
  • James has won first prize for math.
James memenangkan hadiah di masa lampau, tetapi yang menjadi fokus kalimat adalah prestrasinya sekarang ini.

Present Perfect digunakan untuk menunjukkan perubahan dari masa lampau sampai masa sekarang.
  • John’s English wasn’t very good, but he’s got much better.
Antara sebuah waktu di masa dan sekarang, Bahasa Inggris John telah mengalami peningkatan. Fokus tidak terlalu ditujukan pada seberapa buruk English John di masa lampau, tetapi justru seberapa baik English dia sekarang.

Present Perfect digunakan untuk sebuah situasi atau tindakan yang bermula di masa lampau dan masih terus berlanjut sampai sekarang. Kita umum menggunakan for dan since pada situasi-situasi seperti ini. Contoh:
  • John has lived in Boston for 5 years.
John datang ke Boston 5 tahun yang lalu dan masih tinggal disana.

Present Perfect digunakan untuk tindakan yang berulang yang dimulai di masa lampau dan terus berlanjut sampai sekarang Contoh:
  • We’ve been to England 4 times.
Subjek (we) pada kalimat diatas pergi ke England beberapa kali di masa lampau, dan kemungkinan akan kesana lagi di masa yang akan datang.

Present Perfect digunakan untuk sebuah periode waktu yang dimulai di masa lampau tetapi masih terus berlanjut sampai sekarang.
  • I’ve studied at the library every day this week.

Present Perfect Tense :: Salah satu aturan mudah tentang Present Perfect adalah tenses ini tidak bisa digunakan bersama dengan waktu pasti (definite time). Contoh:
  • I’ve been on vacation. Benar
  • I went on vacation last month. Benar
  • I’ve been on vacation last month. Tidak benar
Dari penjelasan artikel tentang materi present perfect tense diatas bisa kita ambil kesimpulan bahwa tujuan dari penggunaan tenses ini adalah menjelaskan kegiatan yang telah lalu namun hasil/ dampak dari kegiatan tersebut masih bisa dirasakan sampai sekarang. Sekian materi tenses ini, jika ada kritik, saran dan komentar penulis sangat menghargainya. Silakan tinggalkan komentar supaya bisa penulis lihat dan siapa tahu ada hal hal yang belum penulis masukkan dalam artikel diatas

Related Posts

Present Perfect Tense
4/ 5
Oleh

1 komentar:

2.12.14 delete

thank infonya ya gan kunjugi juga
http://haniearasy2424.blogspot.com/

Reply
avatar

Tell me what you think!!!! spamming will never be published