Reported speech

Reported Speech di Pelajaran bahasa inggris terutama grammar memang sangat membikin malas dan terkadang membuat pusing. Bagi penulis pelajaran grammar adalah pelajaran yang menguras otak, kenapa? ya sebagai penulis dan pendidik tentunya dalam memahami sebuah materi tidak hanya diperuntukkan oleh diri sendiri saja, namun juga bagi orang orang yang membaca dan siswa siswinya. 


Materi Reported Speech memang sulit namun bukan berarti bagi kalian semua dengan mendengar kata grammar reported speech sudah malas bukan? karena semua itu akan berguna suatu saat nanti. Kali ini penulis ingin mengupas artikel tentang materi direct-indirect speech atau terkadang bisa dinamakan juga reported speech. Mari kita ulas dibawah ini


Reported speech atau indirect speech adalah sebuah laporan pada apa yang orang lain katakan atau tulis tanpa menggunakan kata-kata yang sama dengan orang itu.  Inti dari reported speech adalah seseorang mengucapkan kembali apa yang sudah diucapkan oleh orang lain. gampangnya misal: saya mendengar kamu ngomong, kemudian saya akan mengucapkan kata-kata yang telah kamu katakan sebelumnya dengan bahasa yang sedikit berbeda. Sebelumnya kita melihat rumus dan pola dari Reported Speech, sebaiknya dikenali dulu apa hal hal yang akan berubah dalam materi ini yaitu:
TENSES pasti akan berubah KATA GANTI atau Pronoun WAKTU 


Nah setelah faham yang mana nanti diubah maka kita akan lanjutkan ke pola dan bentuk hasil dari reported speech nya, silakan amati gambar berikut tenses yang akan berubah dari direct ke indirect speech. jangan lupa ini adalah patokan pasti, jadi bisa dihafal atau cukup diambil intinya saja. 



Reported Speech material
Reported speech
Reported Speech jika dilihat berdasarkan gambar diatas bisa diketahui bahwa tenses yang digunakan akan TURUN atau MUNDUR satu tingkatan. Lihat saja yang kalimat awal simple present berubah menjadi simple past, begitupun seterusnya kecuali past perfect continues tense. Mari kita amati sekilas contoh dibawah



Reported Speech material
Reported speech

Direct speech nya " ANITA said "it is cold", maka cek quote diatas apa yang akan berubah jika berbentuk indirect speech adalah "ANITA berubah jadi SHE", trus keterangan Waktu yang awal " it IS" berubah menjadi "it WAS", dan yang terakhir waktu yang berubah. contoh no 1 tidak menggunakan waktu jadi lewatin saja.

Reported speech material selanjutnya sebelum kita tau ada berapa tipe tipe indirect speech, perlu tau bahwa dalam kalimat indirect ada pengecualian, seperti bentuk berikut ini


Waktu tetap contohnya: akmal says "he loves pizza", nah kenapa ga berubah? kalo dari dulu sampai sekarang si akmal masih suka pizza, ya tidak perlu dirubah. indirect speech tidak berubah jika ada embel embel "kebiasaan"
Waktu berubah, seperti contoh yang diatas itu didalam gambar, dari bentuk tensesnya pasti akan berbeda dari direct berubah bentuk mundur satu tingkat.

Sekarang artikel terakhir tentang Reported Speech adalah bentuk bentuk penggunaannya. Biasanya dan normalnya sih jenjang SMP, SMA/SMK tidak begitu menggunakan hal yang berikut ini, namun tergantung kebijakan sekolah juga karena ini materinya setara dengan TOEFL, TOEIC ataupun IELT.


Reported Speech berbentuk informasi.
sebagai contoh: " i am eating now" nah indirectnya gimana?  he said "that" he was eating that moment"
Reported Speech berbentuk kalimat perintah
Mom told ina " Ina, close the door !" indirectnya? mom told me "to" close the door. Kalimat perintah yang berubah hanya ditambah to saja.
Reported Speech berbentuk pertanyaan, nah ini yang agak membingungkan
Yes NO Question: Akmal asked " are you single?" indirectnya gimana? akmal asked me IF/Whether I WAS single. Bentuk yang berubah adalah uxiliary (kata bantu), pronoun, dan tensesnya.
Reported Speech berbentuk pertanyaan WH QuestionAkmal asked me how are you still single? gimana jadinya? Akmal asked me HOW i WAS still single. Bentuk yang berubah adalah  auxiliary dan tenses.
Reported Speech secara umum kesimpulan yang bisa diambil dari materi reported speech ini adalah perubahan hanya terjadi pada "pronoun, tenses, dan waktu", kecuali ada sesuatu yang membuat spesial seperti artikel diatas. Semoga bisa membantu pelajaran kalian semua, kritik, saran, dan komentar sangat ditunggu didalam kolom komentar.

Related Posts

Reported speech
4/ 5
Oleh

Tell me what you think!!!! spamming will never be published