simple future tense

Simple future tense merupakan salah satu pelajaran dasar English Inggris Online. Seperti biasa sebelum memberikan sebuah artikel penulis bermaksud memberi tahu betapa pentingnya belajar grammar. Artikel kali ini akan mengupas tentang materi materi tenses. Tenses merupakan pelajaran wajib bagi siswa SMP dan SMA/SMK, sehingga sampai selesai Kuliah pun materi tersebut akan selalu mengiringi kehidupan kita. Pada kesempatan kali ini penulis bermaksud membuat tulisan tentang simple future tense tense, seperti apa tenses bentuk itu, mari kita simak penjabaran berikut ini.

Simple future tense  adalah tenses atau bentuk kalimat yang digunakan pada saat ketika orang ingin mengucapkan sesuatu kegiatan/ hal hal yang masih akan terjadi pada masa depan. Intinya adalah jika ingin mengucapkan kegiatan yang masih terjadi besok, lusa, satu bulan, ataupun tahun depan maka gunakan tenses bentuk ini. Secara umum bentuk ini dibagi menjadi dua, yaitu bentuk dengan menggunakan TOBE, dan bentuk Will. 

Simple future memang memiliki dua bentuk yang berbeda dalam bahasa Inggris: "be going to" dan "will". Meskipun kedua bentuk kadang-kadang dapat digunakan secara bergantian, mereka sering mengungkapkan dua makna yang sangat berbeda. Perbedaan arti ini mungkin tampak terlalu abstrak pada awalnya, tapi bersama waktu dan praktek, perbedaan akan menjadi jelas. Keduanya "will" dan "be going to" mengacu pada waktu tertentu di masa depan. Silakan cek bentuk dari tabel dibawah ini

bentuk will
[will + verb/kata kerja]
Bentuk (Be) Going To
[Am / is / are + going to + verb/ kata kerja]
You will help him later
you will not help him later
Will you help him later?
You are going to meet Jane tonight
You are not going to meet Jane tonight
Are you going to meet Jane tonight?

Setelah melihat tabel mari kita cek dan analisa secara umum saja. Bentuk will diatas menggunakan pola (Will + Kta kerja) berarti setelah subject diikuti will dan kata kerja. Biasanya bentuk simple future tense itu dibagi menjadi tiga yaitu positive, negative dan introgative.
bentuk positif         (+) You will help him later bentuk negative      (-)  You will not help him laterbentuk introgative (?)  Will You help him later?
Tabel kedua merupakan bentuk dengan menggunakan TOBE Going To, Berarti setelah Subject TOBE disesuaikan (i= am, is = he/she/it/mr adam/Anita, are= you/we/they/ mr adam and anita) baru dilanjutkan dengan going to. Sama bentuk yang ini juga memiliki tiga bentuk yaitu positive, negative, dan introgative.
bentuk positive     (+)  You are going to meet jane  
bentuk negative     (-)  You are not going to meet Jane  
bentuk introgative (?) Are you going to meet Jane?
Nah itu tadi bentuk bentuk dari simple future tense, selanjutnya dalam kelas atas seperti kelas 3 SMP, dan bangku SMA, bisa dipastikan ada tambahan tujuan penggunaan dari tenses ini. Silakan lihat tujuan dari penggunaan tenses ini secara mendetail.

  • PENGGUNAAN 1 "Will" untuk mengekspresikan hal secara Sukarela
"Will" sering menunjukkan bahwa pembicara akan melakukan sesuatu secara sukarela. Sebuah tindakan sukarela adalah ketika pembicara menawarkan untuk melakukan untuk orang lain. Sering kali, kita menggunakan "will" untuk menanggapi keluhan orang lain atau meminta bantuan. Kita juga menggunakan "will" ketika kita meminta seseorang membantu kita atau seorang relawan untuk melakukan sesuatu bagi kita. Sama halnya juga , kita menggunakan "will not" atau "won't" ketika kita menolak untuk secara sukarela melakukan sesuatu.


Contoh:
I will send you the information when i get it.I will translate the email, so Mr Smith can read it. Will you help me move this heavy table? Will you make a dinner?
 
i will not do your homework for you.
 i won't do any housework alone!

    A: I'm really hungry.
    B: I'll make some sandwiches.
    A: I'm so tired. I'm about to fall asleep.
    B: I'll get you some coffee.
    A: The phone is ringing.
    B: I'll get it.


  •  PENGGUNAAN ke 2 "Will" Digunakan untuk ekspresi Janji "Will" biasanya digunakan dalam janji.
Contoh:

    I will call you when I arrive.

    I promise I will not tell him about the surprise party.
    Don't worry, I'll be careful.
    I won't tell anyone your secret.

  • KEGUNAAN KE 3 dengan menggunakan bentuk "be going to" mengungkapkan bahwa ada sesuatu yang direncanakan. biasanya sudah terstruktur dengan jadwal tertentu, seperti jadwal kereta api, dll.
Contoh:

   
He is going to spend his vacation in Hawaii.
She is not going to spend her vacation in Hawaii.

A: When are we going to meet each other tonight?
B: We are going to meet at 6 PM.


  • PENGGUNAAN KE 4 "Will" atau "Be Going to: digunakan untuk mengekpresikan sebuah presdiksi 
Simple Future Tense, baik keduanya "will" dan "be going to" dapat mengekspresikan ide tentang prediksi umum tentang masa depan. Prediksi adalah dugaan tentang apa yang mungkin terjadi di masa depan. Dalam kalimat "prediksi", subjek biasanya memiliki sedikit kontrol atas masa depan dan karena KEGUNAAN ke 1-3 tidak berlaku. Dalam contoh berikut, tidak ada perbedaan arti.

Contoh:
The year 2222 will be a very interesting year.
The year 2222 is going to be a very interesting year.
Mr. Joko Widodo will be the next President.
Mr. Joko Widodo is going to be the next President.


  
Dari penjelasan artikel diatas bisa diambil kesimpulan bahwa Simple Future tenses bentuk ini adalah digunakan untuk menjelaskan pekerjaan, kegiatan, hal hal yang akan terjadi dimasa depan. Materi tersebut sering ditemui di bangku SMP, SMA, SMK. Sekian artikel kali ini jika ada saran, kritik dan komentar, silakan isi kolom komentar dibawah ini, terimakasih dan wassalamualaikum


Related Posts

simple future tense
4/ 5
Oleh

2 komentar

22.9.14 delete

terimakasih jalan jalannya...semoga selalu sukses juga gan

Reply
avatar

Tell me what you think!!!! spamming will never be published