merawat LED atau LCD TV

Teknologi bergerak cepat. Bahkan sangat cepat dari yang dibayangkan. Dengan mempertimbangkan aspek ramah lingkungan, manusia terus bereksperimen menghasilkan teknologi baru. Dua faktor penting dalam konteks ramah lingkungan saat ini adalah konsumsi listrik dan bahan daur-ulang. Kedua faktor inilah yang mendorong Samsung untuk menghadirkan Samsung LED TV Series di awal tahun 2009. Layar televisi jenis LED ini bebas merkuri dan bisa di daur ulang. Selain itu, konsumsi listrik lebih hemat hingga 30%-40% dari TV model LCD atau hampir dua kali lipat lebih hemat dari model CRT. Maklum, TV teranyar ini hanya mengonsumsi kurang dari 30 watt energi listrik.


Tapi setinggi apapun teknologi yang dihasilkan, akan sia-sia jika tidak diiringi dengan perilaku penggunaan teknologi yang juga ramah terhadap lingkungan. Artinya, penemuan sesuatu tidak banyak berarti tanpa perawatan atas temuan tersebut. Untuk konteks penggunaan TV LED, Anda bisa ikut menjaga kelestarian lingkungan dengan merawat TV ini dengan baik. Bukan saja untuk memperpanjang usia pakai, tapi juga untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi listrik. Berikut beberapa tips yang bisa dipraktikkan dalam menggunakan dan merawat TV LED Anda:
  • Perhatikan suhu dan kelembaban udara. Idealnya, suhu ruangan berada di kisaran 68-77 derajat.  Menggunakan penyejuk udara merupakan solusi, tapi ingat, penggunaan sebuah produk elektronik secara berlebihan (non-stop) tetap akan meningkatkan suhu udara. Apalagi bila di dalam satu ruangan terdapat banyak produk yang semuanya bekerja tanpa henti.
  • Kebersihan ruangan tentu yang utama. Debu bisa menyebabkan perubahan pada warna. Lakukan perawatan serius terhadap produk ini, karena kesalahan kecil bisa menyebabkan tidak hanya penurunan kualitas warna tapi juga karatan, kegagalan pemakaian ataupun kerusakan elektrik.
  • Bila ingin membersihkan TV, gunakan kain lembut dan cairan khusus pembersih layar LED. Matikan semua kontak listrik dan pastikan untuk tidak menyemprotkan cairan secara langsung ke layar.
  • Hati-hati saat ingin memindahkan TV ke tempat lain. Meskipun bahan baku layar LED terbuat dari materi plastik, kelalaian seperti guncangan atau guratan kecil tetap bisa mengurangi kualitas gambar bahkan menyebabkan kerusakan menyeluruh.
  • Jangan membongkar TV untuk alasan apapun, kecuali menyerahkan kepada ahlinya. Anda juga harus menggunakan TV sesuai dengan petunjuk pemakaian.
  • Jauhkan TV dari benda-benda elektronik untuk menghindarkan gangguan magnetik yang bisa merusak tampilan layar. Sinar matahari langsung juga bisa mempersingkat usia monitor.
Semoga bisa bermanfaat buat teman-teman yang memiliki perangkat komputer kesayangan. Dengan merawat secara berkala dan mengerti tips triknya, insyaallah tidak akan gampang rusak dan tahan lama. semoga bermanfaat, wassalam


Related Posts

merawat LED atau LCD TV
4/ 5
Oleh

Tell me what you think!!!! spamming will never be published