Concrete Nouns

Dalam belajar Grammar Bahasa Inggris, kita tentunya sering menjumpai salah satu dari Part of Speech yaitu Noun (kata benda). Sejauh mana kah anda mengenal Noun? Untuk itu pada kesempatan kali ini penulis mencoba menjelaskan Noun (kata benda). Check this out!!!

Pengertian Noun (kata benda)


Noun adalah salah satu unsur dari Parts of Speech yang penting perannya selain Verb (kata kerja) dalam membangun sebuah kalimat. Kita tentunya tidak asing lagi dengan yang namanya Noun (kata benda),  Noun (Kata Benda) merupakan nama dari suatu benda. Apa pun di dunia ini yang keberadaannya memiliki sebuah nama, baik yang bisa rasakan (lihat, kecap, sentuh, dengar, cium) maupun yang tidak.

Tapi Noun (kata benda) tidak hanya merujuk pada benda yang keberadaannya di dunia ini saja. Noun (kata benda) juga bisa merujuk pada ide atau pemikiran yang hanya ada di pikiran kita saja, misalkan freedom (kebebasan), beauty (kecantikan), hope (harapan), dll; ide/ pemikiran yang ada di pikiran kita tersebut, kita tidak bisa merasakannya dengan panca indra, tetapi kita hanya bisa merasakannya keberadaannya hanya di dalam pikiran kita saja. Benda yang keberadaannya bisa kita rasakan dengan panca indra kita dalam bahasa Inggris disebut Concrete Noun, dan benda yang keberadaannya hanya ada pikiran kita atau merupakan ide/ pemikiran yang tidak bisa dijamah oleh panca indra kita disebut Abstract Noun.



Fungsi Noun (kata benda)

Menurut bukunya Sidney Greenbaum dkk. (241:1985), dalam kalimat bahasa Inggris, Noun bisa berfungsi sebagai Subject (Pelaku), Object (Target/sasaran), Complement of Clause (Pelengkap dari klausa) dan sebagai Complement of Prepositional Phrases (Pelengkap dari phrase kata depan), contoh:

    The girl is my sister.(Subject)
    I saw the blonde girl near here. (Object)
    The blonde girl who is wearing blue jeans is my sister. (Complement of Clause)
    The blonde girl in blue jeans is my sister. (Complement of prepositional phrase)

Jenis-jenis Noun (kata banda)


Sebagaimana kita ketahui, terhadapa banyak jenis Noun (kata benda), baik keberadaannya bisa dijamah oleh indera perasa concrete nouns maupun yang hanya ada di pikiran kita saja abstract noun . Untuk mengetahui apa-apa saja yang termasuk Noun (kata benda), di bawah ini penulis hadirkan penjelasan satu persatu


Concrete Noun: kata benda yang bisa dijamah dan dirasakan oleh indera kita.
contohnya 


  • Persons' Name (Nama orang) :Jenis Noun (kata benda) yang pertama adalah nama orang. Nama orang (Persons' name) dalam bahasa Inggris harus ditulis menggunakan huruf kapital (huruf besar) hanya untuk huruf pertamanya saja, misalkan Ahmad Fathoni, Rini Rosyidah, dll.

          Mark White is writing a letter for Elisabeth, his mom.
          Andrea Hinata is the most famous writer in Indonesia.

  • Places (Nama tempat) : Untuk nama tempat (places), sepertihalnya nama orang, huruf pertama dari nama tempat harus dikapitalkan (dibesarkan), misalkan: Jakarta, Surabaya, dll.

          Andrea Hiata is the most famous writer in Indonesia.
          Jakarat is the place where I life now.

  • Things (Nama benda) : Things (nama benda) adalah nama-nama benda yang ada di sekitar kita dan kita bisa menjamahnya dengan panca indera kita. Untuk nama-nama benda tersebut tidak dikapitalkan pada huruf pertamanya.

          I bought a novel  in one of stores there.
          Football is my favorite game.

  • Activities (Aktivitas) : Nama-nama aktivitas merupakan nama-nama pekerjaan yang biasa dikerjakan, seprti halnya menulis, membaca, dll. Dalam bahasa Inggris, pembentukan nama-nama aktivitas dikejakan dengan merubah Verb (kata kerja) menjadi bentuk gerund. Dan untuk nama-nama aktivitas, tidak dikaptalkan huruf pertamanya.

    Writing is my hobby.
    Running and running became my routine activity when I was facing race championship.

Dari penjelasan artikel diatas bisa dibuat kesimpulan bahwa dalam noun bisa terbagi menjadi beberapa macam jenis. Jenis-jenis Noun (kata benda) di atas merupakan penjelasan umum mengenai Noun (kata benda) itu sendiri, sedangkan pembagian Noun (kata benda) digolongkan ke dalam berbagai jenis bagian seperti Concrete Noun, Abstract Noun, Countable Noun, Uncountable Noun.  


Related Posts

Concrete Nouns
4/ 5
Oleh