Grammar - Conditional Sentence type 3

Seperti biasa sebelum memberikan sebuah artikel penulis bermaksud memberi tahu betapa pentingnya belajar grammar. Di seluruh penjuru dunia TOEFL, TOEIC merupakan patokan wajib dari setiap perusahaan yang bonafit dan besar. Nah karena itu dasar dasar tata bahasa perlu dipelajari sebagai modal kita semua untuk mengarungi hidup yang internasional ini. Jika suatu saat diperlukan kita sudah ready and go, tancap gas. Gimana? masih merasa ga penting belajar tata bahasa?

Artikel kali ini akan mengupas tentang materi materi tata bahasa yang biasanya terdiri dari banyak materi seperti tenses dan lainnya. Grammar merupakan pelajaran wajib bagi siswa SMP dan SMA/SMK, sehingga sampai selesai Kuliah pun materi tersebut akan selalu mengiringi kehidupan kita. Pada kesempatan kali ini penulis bermaksud membuat tulisan tentang Conditional sentences type 3, karena sebelumnya sudah diulas yang conditional type 1, dan juga conditional sentences type 2. Kali ini kita ulas if clause type 3. Seperti apa bentuk itu, mari kita simak penjabaran berikut ini.




If conditional atau conditional sentences type 3 ini digunakan jika ada suatu hal, kegiatan, pekerjaan yang pada saat sekarang tidak nyata, tidak terjadi sehingga hanya berandai andai saja, dan orang yang mengatakannya MENYESAL. Bisa disimpulkan bahwa orang yang mengguanakan bentuk ini adalah sebagai ungkapan penyesalan contoh nih: sekaranga tidak naek kelas, trus dia bilang kenapa saya minggu lalu tidak belajar giat? coba kalo belajar pasti sekarang lulus.  Nah itu adalah contoh saja, semoga bukan kalian yang menyesal ya. Bentuk dari kalimat conditional sentences tipe 3 adalah:


                                                     Could
If + Subject + had + v3 ,  Subject + would + have + verb 3
                                                     Might



               Might
Subject + would + have + verb 3  IF + subject + had + v3
               Could

Mari kita amati dulu bentuk pola kalimat diatas dengan contohnya supaya lebih jelas. Namanya juga if clause, maka ada 2 buah kalimat yang dipisahkan oleh koma. Jika kita ingin menggunakan IF clause didepan, maka contohnya sebagai berikut:

  • If you had studied hard last week, you might have passed the examination. Berarti temannya sekarang tidak lulus kan, yang menulis menyesal temannya ga lulus.



  • If i had learnt some blogging tricks for my blog, i would have got great website. Berarti saya tidak punya blog yang bagus sekarang, saya menyesal karena tidak belajar blogging trik dulu.
Nah itu tadi yang bentuk IF clausenya didepan, bagaimana dengan bentuk if clause dibelakang? kita cek dulu contoh berikut supaya lebih jelas pola diatas.


  • My mother would have send me a new car IF i had got really great score in exam. Berarti ibu tidak mengirim mobil baru, saya menyesal karena saya tidak mendapat hasil bagus di tes dulu.

Nah itu tadi penjelasand dari pola conditional sentences tipe ke 3, namun begitu ternyata dalam penggunaanya ada juga bentuk lain dari yang diatas yaitu menggunakan tipe "V+ ing" atau continues tense. seperti apa penggunaannya, silakan amati tabel dibawah ini:

                                                                                  Could
If + Subject + had been + verb ing ,  Subject + would + have been + verb ing
                                                                                  Might


                  Might
Subject + would + have been + verb ing  IF + subject + had been + verb ing
                  Could


Nah mari kita amati dulu, kenapa ada penggunaan verb + ing ini? karena di masa lalu, saat kemaren dulu WAKTUNYA SPESIFIC. Maksudnya gimana? ya masa lalunya sudah jelas tanggalnya, harinya, waktu jamnya dll. Maka penggunaanya bisa dengan bentuk yang diatas. Mari kita lihat contoh berikut ini:

  • If I had been talking to him when he said that, I would have punched him in the face. Berarti pada saat itu saya tidak sedang bicara dengannya.


  • If James had been crossing the street when the car ran the red light, it would have hit him. Berarti James tidak sedang menyeberang jalan.

Itu tadi penjelasan mendetail tentang materi materi grammar terutama conditional sentense tipe 3. Kesimpulan dari bentuk grammar ini adalah digunakan pada saat mengucapkan penyesalan terhadap kegiatan yg tidak terjadi pada saat lampau. Semoga bermanfaat materi kali ini, jika ada pertanyaan, saran dan komentar silakan ditulis di kolom komentar dibawah ini.



Related Posts

Grammar - Conditional Sentence type 3
4/ 5
Oleh

Tell me what you think!!!! spamming will never be published