Grammar - Conditional Sentences type 2

Seperti biasa sebelum memberikan sebuah artikel penulis bermaksud memberi tahu betapa pentingnya belajar grammar. Di seluruh penjuru dunia TOEFL, TOEIC merupakan patokan wajib dari setiap perusahaan yang bonafit dan besar. Nah karena itu dasar dasar tata bahasa perlu dipelajari sebagai modal kita semua untuk mengarungi hidup yang internasional ini. Jika suatu saat diperlukan kita sudah ready and go, tancap gas. Gimana? masih merasa ga penting belajar tata bahasa?

Artikel kali ini akan mengupas tentang materi materi tata bahasa yang biasanya terdiri dari banyak materi seperti tenses dan lainnya. Grammar merupakan pelajaran wajib bagi siswa SMP dan SMA/SMK, sehingga sampai selesai Kuliah pun materi tersebut akan selalu mengiringi kehidupan kita. Pada kesempatan kali ini penulis bermaksud membuat tulisan tentang Conditional sentences type 2, karena sebelumnya sudah diulas yang conditional type 1. Seperti apa bentuk itu, mari kita simak penjabaran berikut ini.




If conditional atau conditional sentences type 2 ini digunakan jika ada suatu hal, kegiatan, pekerjaan yang pada saat sekarang tidak nyata, tidak terjadi sehingga hanya berandai andai saja. contoh nih: apa kamu seorang superman? atau seorang presiden? nah jika bukan maka kita bisa menggunakan kalimat if clause tipe 2 ini. Bentuk dari kalimat conditional sentences tipe 2 adalah:


                                                       would
If + Subject + Simple Past, Subject + could   + verb 1
                                                       might
                                           atau
                would
Subject +  could  + verb 1 + If + Subject + Simple past
                might
                                              
Kedua duanya sama sama benar dan jika digunakan bolak balik juga tidak masalah. Mari kita amati dulu dari bentuk yang kalimat If clause nya didepan. Kalimat dengan menggunakan if didepan maka perlu ada tambahan "koma" ditengah sebagai penengah antara if clause dan main clause. Maksudnya if clause dan main clause gimana? kan dari bentuk diatas kelihatan ada 2 kalimat, ya kalo ada kata "IF" maka dia if clause. Kalau tidak ada maka dia main clause. Mari kita buat contoh dari bentuk ini

  • If i had time, I would go to the beach with you this weekend.  (maksud contoh diatas berarti dia berandai andai punya waktu bukan? berarti dia tidak punya waktu yang luang sehingga dia tidak bisa pergi kepantai).


  • If i were president of Indonesia, i would make this country in prosperity. (Maksudnya berarti saya berandai andai menjadi presiden, berarti bukanlah presiden). 
Note: dalam penggunaan to be "WERE" disini khusus materi if clause tipe 2 ini pasti akan dipakai meskipun seharusnya "WAS"
Selanjutnya kita coba buat contoh kalimat yang bentuk kedua, kita buat kalimat yang lain saja supaya lebih banyak dan semakin jelas nantinya.
  • He would tell you about the story IF he were here. Berarti bahwa kenyataannya dia tidak disini sehingga tidak bisa menceritakan sebuah dongeng.
  • My mother couldn't work at post office IF she were a nurse. Berarti bahwa ibunya bukan seorang perawat.
Nah dari penjelasan diatas harapannya penulis pembaca bisa mengetahui dan faham akan bentuk grammar tipe ini. Kesimpulannya adalah Conditional sentence atau IF clause tipe 2 ini digunakan jika keadaan sekarang tidak terjadi, hanya berangan angan, berimajinasi belaka. Sekian materi if clause tipe 2 jika ada saran, request dan tambahan silakan berikan respon di kolom komentar.

Ingin mencoba kemampuan anda apakah sudah faham dengan materi diatas? silakan coba soal soal if clause atau conditional sentences yang saya buat dalam bentuk flash player, KLIK DISINI





Related Posts

Grammar - Conditional Sentences type 2
4/ 5
Oleh

1 komentar:

12.9.14 delete

Mantap gan materinya...kalo tipe 3 itu maksudnya gmn gan?

Reply
avatar

Tell me what you think!!!! spamming will never be published