Spoof Text

Spoof Text sangat diperlukan oleh siswa siswi SMA dan SMK, meskipun begitu terkadang juga dibutuhkan oleh siswa SMP. Spoof Text merupakan salah satu materi text genre yang seringkali muncul di UN sehingga perlu untuk dipelajari oleh siswa siswi baik dari tingkat SMP, SMA, SMK, bahkan perguruan tinggi. 

Spoof text genre materi merupakan salah satu yang ada di pelajaran bahasa inggris sama seperti recount text, narrative text, descriptive text, analytical exposition text, dll. Berikut ini adalah Contoh tentang text spoof. 

Namun sebelum masuk ke Contoh spoof text kita lihat dulu arti bahasa dari spooft text, sumber kita ambil yaitu freedictionary dijelaskan bahwa spoof text adalah sesuatu yang bertujuan untuk mengejek, humor, hoax


Spoof text berikut ini hanya bisa didapatkan di jagoenglish saja, sehingga ditempat lain mungkin belum tersedia. Namun begitu bukan berarti Contoh spoof teks disini adalah tidak dicopi dan ditulis ulang oleh para penulis bahasa inggris.

Sebelum melihat Spoof text versi jagoenglish, tujuan dari spoof teks apa ya? Spoof text merupakan cerita yang menceritakan kejadian di masa lalu atau lampau, seringkali dengan akhir yang tidak bisa ditebak. Materi spoof text merupakan cerita lucu, bagian yang lucu ini terletak pada akhir cerita, sehingga pembaca menjadi terhibur karenanya. 

Spoof text juga mempunyai tujuan komunikatif, yaitu untuk menghibur pembaca dari cerita yang disajikan. Kalo sudah namanya spoof pasti teksnya akan mirip dengan teks narrative yang sama sama bertujuan menghibur, namun supaya lebih jelas lagi membedakan antara kedua teks itu AKHIRANNYA, Spoof text pasti akan tersenyum terhibur karena tidak terduga duga.

Spoof Text dilihat dari Struktur generalnya

text genre spoof


Di dalam spoof text, terdapat struktur kebahasaan secara umum adalah dibagi menjadi tiga yaitu:
  • Orientation of spoof text
Orientation merupakan bagian memperkenalkan cerita, yaitu  di dalamnya terdapat pengenalan tokoh, kapan cerita itu terjadi, serta tempat kejadian cerita itu. Juga menjelaskan detail kejadian dan latar belakang si pelaku.
  • Events of spoof text
Events adalah bagian yang terdapat kejadian-kejadian yang ada di dalam cerita tersebut. Biasanya ada sequence atau runtutan cerita namun, belum menjadi lucu atau klimaks.
  • Twist of spoof text
Twist merupakan bagian klimaks dari spoof teks yang tujuannya membuat pembaca terhibur, kadang-kadang tidak disangka dan tidak diduga endingnya. Gampangnya sih kalo pembaca atau pendengar cerita tersebut tersenyum atau tertawa, nah itu lah klimaks atau twist.

Spoof Text Ciri kebahasaan yaitu:

1. Menggunakan Past Tense; was, were, did, asked, entered,finished, etc.

2. Menggunakan kata kerja aksi (action verb); did, asked, went, learn, walked, etc.

3. Menggunakan kata keterangan waktu dan kata keterangan tempat.

4. Diceritakan secara kronologis.

Spoof text dan contohnya sangat banyak sekali, namun ada beberapa yang bisa diambil sebagai penjelasan saja. Silakan cek di contoh text spoof berikut ini



Spoof text example : A child and the Mom

A child who had just entered Pre elementary school (Playgroup) when the school finished, he asked by his parent. 
His mother asked, "What do you learn today, Son?" 
"Learning to write, Ma'am," he replied as he put the bag in his back. 
"What are you writing, kid?" asked the father who stand next to his mother. 
"I do not know, I have not learned to read yet."

Spoof text artikel merupakan salah satu materi yang wajib dipelajari di bangku sekolah di Indonesia dan di luar negeri. Spoof text memang hampir sama dengan narrative text yaitu bertujuan untuk menghibur. Perbedaan spoof text dan narrative terletak pada bagian akhir saja. Jika ingin mendapatkan berbagai macam contoh dari spoof text silakan cek disini. Semoga bermanfaat artikel spoof text ini, jika ada komentar, saran dan request, silakan tulis di kolom komentar spoof text dibawah ini.

Related Posts

Spoof Text
4/ 5
Oleh

Tell me what you think!!!! spamming will never be published